Peluang Dosa Terampuni Setahun

Peluang Dosa Terampuni Setahun - www.pedulifajrifm.org

Bagikan :

PELUANG DOSA TERAMPUNI SETAHUN

Alhamdulillah, hari Selasa 16 Juli 2024 bertepatan dengan tanggal 10 Muharrom 1446 H. Disunnahkan bagi kita umat Islam untuk berpuasa ‘Asyuro (puasa 10 Muharrom). Adapun keutamaannya sebagai berikut:

Dari Abu Qotadah Al Anshoriy, berkata : Nabi shollollohu ’alaihi wa sallam ketika ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyuro? Beliau menjawab,

يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

”Puasa ’Asyuro akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berpendapat bahwa dengan puasa ‘Asyuro setiap dosa setahun yang lalu akan terhapus baik dosa kecil maupun dosa besar. (Lihat Majmu’ Al Fatawa karya Ibnu Taimiyah, 7: 487-501)

Dalam rangka menyelisihi kaum Yahudi dan Nashrani, Nabi shollollohu ‘alaihi wa sallam berkeinginan untuk berpuasa sehari sebelumnya yaitu berpuasa pada hari kesembilan (tasu’ah) yang bertepatan dengan hari, Senin 15 Juli 2024.

Ibnu Abbas rodhiyallohu ’anhuma berkata bahwa ketika Nabi shollollohu ’alaihi wa sallam melakukan puasa hari ’Asyuro dan memerintahkan kaum muslimin untuk melakukannya, pada saat itu ada yang berkata, “Wahai Rosululloh, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.” Lantas beliau shollollohu ’alaihi wa sallam bersabda,

Baca Artikel Lainnya!

فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ – إِنْ شَاءَ اللَّهُ – صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ

“Apabila tiba tahun depan insya Allah (jika Alloh menghendaki) kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.”

Ibnu Abbas mengatakan, “Belum sampai tahun depan, Nabi shollollohu ’alaihi wa sallam sudah keburu meninggal dunia.” (HR. Muslim)

Kenapa sebaiknya menambahkan dengan hari kesembilan untuk berpuasa? Kata Imam Nawawi rohimahulloh, para ulama berkata bahwa maksudnya adalah untuk menyelisihi orang Yahudi yang cuma berpuasa tanggal 10 Muharrom saja. Itulah yang ditunjukkan dalam hadits di atas.

“Berpuasalah pada hari ‘Asyuro’ dan selisihilah orang-orang Yahudi, berpuasalah sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya.“ (HR. Ahmad & Al-Baihaqi)

Insya Allah Senin besok 15 Juli 2024 bertepatan dengan dengan tanggal 9 Muharram 1446 H, semoga kita dimudahkan Alloh berpuasa besok, di hari Tasu’ah, dan juga berpuasa di hari ‘Asyuro.

(PELUANG DOSA TERAMPUNI SETAHUN)

»»»

📲Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…

Yuk! Bersama Luaskan Dakwah dengan Sedekah Jariyah

Categories