Search

Sedekah Tidak Harus dengan Harta

Sedekah Tidak Harus dengan Harta Peduli Fajar Imani

Bagikan :

Sedekah bukan selalu berkaitan dengan harta, banyak sekali bentuk perbuatan baik yang dianggap itu sebagai sedekah, mengucapkan tahmid termasuk sedekah, mengucapkan tahlil termasuk sedekah dan tasbihpun termasuk sedekah. Bahkan sampai masalah ranjang yaitu “mendatangi” pasangan suami atau istri hal ini dihitung sebagai sedekah juga.

Para sahabat adalah orang-orang yang sangat bersegera dalam masalah sedekah ini, mereka selalu berlomba-lomba dalam kebaikan, Rasululloh SAW bersabda,

عَنْ أَبِى ذَرٍّ أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالُوا لِلنَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- يَا رَسُولَ اللَّهِ ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُورِ بِالأُجُورِ يُصَلُّونَ كَمَا نُصَلِّى وَيَصُومُونَ كَمَا نَصُومُ وَيَتَصَدَّقُونَ بِفُضُولِ أَمْوَالِهِمْ. قَالَ « أَوَلَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لَكُمْ مَا تَصَّدَّقُونَ إِنَّ بِكُلِّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلِّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلِّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنْ مُنْكَرٍ صَدَقَةٌ وَفِى بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ ». قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيَأْتِى أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُونُ لَهُ فِيهَا أَجْرٌ قَالَ « أَرَأَيْتُمْ لَوْ وَضَعَهَا فِى حَرَامٍ أَكَانَ عَلَيْهِ فِيهَا وِزْرٌ فَكَذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا فِى الْحَلاَلِ كَانَ لَهُ أَجْرٌ

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Sesungguhnya sebagian dari para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bershodaqoh dengan kelebihan harta mereka”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bershodaqaoh? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah shodaqoh, tiap-tiap tahmid adalah shodaqoh, tiap-tiap tahlil adalah shodaqoh, menyuruh kepada kebaikan adalah shodaqoh, mencegah kemungkaran adalah shodaqoh dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah shodaqoh “. Mereka bertanya, “ Wahai Rasulullah, apakah (jika) salah seorang di antara kami memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, dia berdosa. Demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal, ia mendapat pahala”.  (HR. Muslim no. 2376)

 

Inilah salah satu gambaran dari kehidupan para sahabat, mereka sangat bersemangat dalam hal kebaikan, mereka sangat ghibtoh terhadap sahabat yang lain yang mengamalkan amalan-amalan sholih, dalam hadits ini bisa dilihat bahwa ada seorang sahabat yang mendatangi rasululloh SAW mengenai orang kaya yang dia menginfakkan hartanya di jalan Alloh, hal ini bukan berarti sahabat tersebut merasa iri dan hasad akan tetapi beliau hanya ingin tahu dan menanyakan apakah ada amalan yang dapat menyaingi orang kaya tersebut. Akhirnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan mereka solusi bahwa bacaan dzikir, amar ma’ruf nahi mungkar, dan berhubungan mesra dengan istri bisa menjadi sedekah.

1. Marilah gemar mengeluarkan sedekah harta

 

Hadits di atas secara tidak langsung adalah memperlihatkan sebuah teladan yang ada pada diri sahabat untuk kita ikuti dalam hal semangatnya dalam mengerjakan amal shalih, Al-Quran menyebutkan balasan bagi orang yang berinfak di jalan Alloh SWT.

 

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِئَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah [2] : 261)

Di ayat ini Alloh memberi permisalan bagi hambanya yang berinfak di jalan Alloh SWT, Alloh memberi permisalan kepada harta yang diinfakkan seperti sebutir benih yang mana benih tersebut menumbuhkan tujuh bulir dan pada tiap-tiap bulir menumbuhkan seratus biji. Hal ini menunjukan betapa banyak pahala yang akan didapat jika kita berinfak di jalan Alloh.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan, “Ayat ini merupakan isyarat bahwa setiap amal sholih yang dilakukan akan diiming-imingi pahala yang berlimpah bagi pelakunya. Sebagaimana Allah mengiming-imingi tanaman bagi siapa yang menanamnya di tanah yang baik (subur).”

2. Harta bukan satu-satunya syarat untuk sedekah

Rosululloh dalam hadits ini secara tidak langsung mengatakan bahwa sedekah tidak mesti dengan harta saja sehingga orang-orang miskinpun dapat bersedekah. Ucapan tahlil, tahmid dan tasbih pun termasuk dalam kategori sedekah.

Ketahuilah hanya dengan mengajak orang ke dalam ketaatan dan memperingati orang untuk menjauhi maksiat dan dosa itu pun termasuk dalam sedekah. Perbuatan ini semua termasuk sedekah yang mampu dilakukan oleh orang miskin dan bisa dilakukan setiap saat. Sedangkan, orang kaya hanya mungkin dapat bersedekah pada satu waktu dan bukan setiap saat.

Alloh Ta’ala berfirman,

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa.” (QS. Al Maa’idah [5] : 2)

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar.” (QS. Ali Imron [3] : 104)

Wallohua’lam

www.pedulifajrifm.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *